/*cuma komen kok
*/

Anas Bin Malik

Minggu, 03 April 2011
Anas bertemu dengan Rasulullah SAW untuk pertama kali pada usia 10 tahun saat di bawa  ibunya Ummu sulaiman Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam untuk berkhidmat. Ayahnya bernama Malik bin an-Nadlr. Anas bin Malik membersamai Rasulullah selama 10 tahun

Beliau adalah salah seorang sahabat Rasulullah dari golongan kaum Ansor,Beliau begitu setia mendampingi Rasulullah hingga wafatnya Rasulullah SAW, sampai-sampai gerakan sholatnya paling mirip dengan cara Sholatnya Rasulullah,karena dimanapun dan kapanpun Anas selalu membersamai Rasulullah SAW,seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairoh "Saya tidak melihat seorangpun yang shalatnya paling mirip dengan shalat Rasulullah melebihi Ibnu Ummu Sulaim ini."

Anas bin Malik bin Nadar al-Khazraj adalah seorang sahabat yang cerdas,patuh pada pemimpin (Rasulullah dan Khalifah),Amanah sejak kecil,
Beliau adalah seorang yang banyak menghafal hadist karena kecerdasannya, kaya raya karena kezuhudannya, banyak keturunan dan anak karena ketaatannya pada ALLAH SWT dan Rasulullah SAW.
Beliau mempunyai banyak keturunan sekitar 120 orang anak yang hidup,dan sekitar 127 yang wafat.
Beliau adalah sahabat yang paling terakhir meninggal dunia karena berumur paling panjang yakni sekitar 107 tahun  karena itu Beliau menyaksikan pergantian Kekhalifahan dari generasi ke generasi,Beliau adalah Sahabat yang paling kaya raya di antara Kaum Anshar.


Itu semua berkenaan dengan do'a Rasulullah SAW atas beliau yang meliputi ""Ya Allah berilah ia rezeki harta dan anak-anak, dan berkahilah ia padanya.""

ada pula cerita mengenai doanya yang terijabah ALLAH SWT, karena ketaatannya dan doa Rasulullah SAW atasnya.
Suatu ketika penjaga kebun Anas bin Malik mengadu bahwa tanahnya mengalami kekeringan. Maka beliaupun keluar ke tanah lapang, melakukan shalat sunnah meminta hujan yakni sholat istisqo dan  berdo'a memohon karunia rizqi berupa hujan kepada Allah. Setelah itu  turunlah hujan dengan derasnya. Sebagian keluarganya lalu mengecek hujan tersebut. Ternyata hujan tersebut hanya turun di sekitar tanah Anas bin Malik.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih

Sri Indra Farlina S.Kom (2012)

School Myspace Comments